Asal Mula Kefir

Asal Mula Fefir - Kefir adalah minuman yang berasal dari wilayah Kaukasus adalah sebuah kawasan di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia sejak lebih dari 1.400 tahun yang lalu. Biji kefir diberikan oleh Nabi Muhammad SAW kepada rakyat Kaukasus dan menjadi semacam "pusaka" yang diwariskan secara turun temurun.


Istilah kefir berasal dari bahasa Turki (ke’if) yang berarti enak/keadaan (kondisi) yang baik. Dari wujudnya, kefir berbeda dari yogurt yang juga merupakan hasil fermentasi susu. Kefir berwujud cair, sedangkan yogurt berwujud kental.


Dugaan yang lebih memiliki landasan adalah bahwa nama kefir berasal dari kaafuura, yaitu nama mata air di surga yang airnya berwarna putih, harum baunya, dan lezat rasanya. Kata ini tercantum dalam Al Qur'an, yaitu pada Surah Al-Insan, ayat 5.


Untuk membuat kefir, digunakan biakan bibit yang terdiri atas beberapa kombinasi mikroba yang dapat digunakan yaitu L. acidophillus, L. d. bulgaricus, L. lactis, B. longum, A. aceti, L. mesenteroides, dan S. cerevisiae. Kefir juga dapat dibuat dengan menggunakan bulk starter freeze drying. Aktivitas biakan bibit kefir mampu menghambat bakteri S. aureus selama proses penyimpanan dingin.



Advertisemen 336x280

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments